Bagaimana Sistem Produksi Kopi Luwak Di Indonesia?

Bagaimana sitem produksi kopi luwak di indonesia? sebagaimana yang telah dijelaskan oleh wikipedia dalam pembahasan artikel yang gamblang, bahwasannya civet coffee adalah biji buah kopi yang telah dipilah dari feses hewan luwak yaitu sejenis binatang liar musang (indonesia). Cita rasanya yang unik menjadikan kopi ini digemari banyak orang. Tak sama dengan rasa dari kopi biasa walaupun sama-sama berasal dari buah kopi yang sama maka tak heran jika harga kopi luwak asli ini mahal.

Ada dua jenis kopi yang berasal dari luwak yakni kopi dari luwak tangkaran dan dari luwak liar. Kopi yang berasal dari luwak tangkaran diperoleh dengan cara terlebih dulu membudidayakan hewan luwak didalam kandang lalu luwak tersebut diberi makan kopi. Setelah itu, kotorannya ditampung lalu biji kopi yang ada didalamnya dipilah untuk pengolahan lebih lanjut.

Sedangkan kopi yang berasal dari luwak liar diperoleh dari kotoran/feses luwak yang hidup di alam bebas. Umumnya luwak ini dipungut dari hutan yang ada di sekitaran kebun kopi. Kopi dari luwak liar ini dipercaya mempunyai kualitas lebih baik bila dibanding dengan luwak penangkaran, tapi sayang sangat sulit untuk mendapatkannya karena tidak stabilnya stock yang disediakan oleh para penjual kopi

Langkah Produksi Kopi Luwak Asli

Semakin meningkatnya permintaan pasar berdampak pada hasil produksi kopi dari luwak liar yang semakin susah didapat. Inilah yang mendorong pelaku bisnis kopi luwak untuk secara khusus membudidayakan luwak supaya dapat diambil biji kopinya. Pelaku bisnis ini memproduksi kopi dengan langkah-langkah seperti berikut:


gambar proses pembuatan kopi luwak

  1. Penyeleksian buah kopi berkualitas, dicuci dan dibersihkan lalu diberikan kepada luwak.
  2. Saat buah kopi diberikan pada luwak, luwak ini masih menyeleksinya lagi. Luwak memiliki ketajaman indera penciuman sehingga hewan ini tahu mana kopi terbaik dan layak untuk dimakannya.
  3. Dalam beberapa waktu luwak akan mengeluarkan fesesnya setelah melalui sistem pencernaan. Biasanya feses ini diambil saat pagi hari.
  4. Kotoran luwak yang tak lain adalah biji kopi tadi dikumpulkan lalu dibersihkan dengan air hingga bersih. Setelah itu, biji kopi dijemur sampai kering.

Kopi siap diolah lagi untuk dijadikan minuman dan disajikan selagi panas. Selain itu juga dapat disedu dengan gula atau sesuai selera tentu saja setelah diolah menjadi serbuk halus.


Update Terbaru !!! Cara Membuat Kopi Luwak Tanpa Luwak

Perkembangan teknologi berdampak pada ide kreatif sehingga kini telah ditemukan cara untuk memproduksi kopi secara praktis. Seorang ahli pangan yaitu IPB, Dr. Erliza Noor telah berhasil melakukan penelitian tentang bagaimana cara membuat kopi luwak tanpa hewan luwak. Sedangkan untuk prosesnya adalah meniru fermentasi enzimatis seperti proses yang terjadi didalam perut hewan luwak.


Mungkin hal ini juga terkait oleh wacana media yang menyoroti kontroversi pembuatan kopi luwak di Inggris secara berlebihan yang mendapat kritikan tajam dari para pecinta binatang yang menganggap proses pengolahan kopi termahal di dunia ini telah mengeksploitasi kebebasan binatang luwak

Sebuah reaksi enzimatis yang dilakukan melibatkan sejumlah komponen yaitu penghancur protein (proteolitik), bakteri penghancur sel (selulotik) dan xilanoliti. Bakteri-bakteri tersebut diperoleh melalui hasil seleksi dan isolasi kotoran hewan luwak.

Sedangkan untuk metode fermentasinya diperoleh dari adaptasi sistem pencernaan hewan luwak. Sistem ini dimana kulit dari buah kopi dijadikan sebagai media untuk tempat mikroba tumbuh. Melalui proses tersebut menghasilkan enzim yang ikut andil untuk mengubah komponen kimia pada biji kopi.

Berdasarkan penelitian tersebut, proses ini dapat menjadi sebuah alternatif dalam pembuatan dan produksi kopi ditengah beragam keterbatasan didalam produksinya melalui hewan luwak. Melalui metode tersebut produksi kopi dapat dilakukan lebih massal, murah, cepat dan bersih tanpa mengurangi cita rasa dan mutunya.

Produksi kopi secara alami (penangkaran/liar) dengan hewan luwak maupun dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yakni tanpa luwak, tentu menghasilkan cita rasa dan aroma yang sama namun tak serupa, jika tidak percaya silahkan buktikan sendiri.

Luwak hasil proses olahan penangkaran telah terbukti kenikmatannya membuat banyak orang berburu kopi dari luwak di pasaran dan menjadikan sebagai minuman favorit mereka. Kini terjawab sudah pertanyaan dari “bagaimana sistem produksi kopi luwak di Indonesia?”
First
Pastikan anda mendapatkan produk asli dan hanya membelinya di agenkopiluwakjakarta.blogspot.co.id rasanya nikmat, khas, beraroma kuat, tersertifikasi halal dan jaminan mutu. Untuk informasi silahkan hubungi kami melalui nomor telpon berikut :
REZHA +62 819 1100 1444
KLJS menawarkan delivery order khusus untuk customer wilayah DKI jakarta, pengiriman kopi lebih cepat dan tepat waktu langsung ke tempat anda seketika